Sabtu, 18 Desember 2010

READING TEXT FOR SMP & SMA


Taken from
READING TEXT FOR SMP & SMA 
by Achmad Baihaqi, Author. 2008
Excerpt from Pengajuan Penulisan Buku
[ E-book] untuk SMP & SMA  Kemendiknas, Pusat Perbukuan Nasional, Jakarta 2008 oleh Achmad Baihaqi.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Oleh karena itu, mata pelajaran bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan – keterampilan berbahasa : Listening, Speaking, Reading dan Writing agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.
Tingkat literasi mencakup: performative, functional, informational dan epistemic.
Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol – symbol yang digunakan.
Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk.
Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa.
Pada tingkat epistemic, orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran. (Wells, 1987)

Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP / MTs ditargetkan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari – hari.
Pada level SMA / MA diharapkan dapat mencapai tingkat informational karena peserta didik disiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.
Tingkat literasi epistemic dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai oleh peserta didik SMA / MA karena Bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai bahasa asing.
Buku ini memberikan contoh yang ringkas text reading untuk peserta didik SMP / MTs dan SMA / MA.
Semoga para pemakai buku ini dapat menambah pengetahuan berbahasa Inggris.

Kediri, July 2008



Good day, readers!

Ini merupakan edisi khusus buat siswa-siswi KISS.
Pada kali ini kami ingin sajikan materi yang berkenaan dengan program pengajaran bahasa Inggris di sekolah SMP dan SMA mulai tingkat Elementary sampai Advanced.

Cara belajar bahasa bisa lewat pelajaran READING. Text untuk Reading jenisnya ada:
1.       Recount
2.       Narrative
3.       Procedure
4.       Descriptive
5.       Report
6.       Analytical Exposition
7.       Explanation
8.       Discussion
9.       News Story
10.   Spoof
11.   Hortatory Exposition
12.   Review.

Berikut Contoh Text Reading dan teorinya bilingual:

1. Bila anda ingin menceritakan tentang seseorang dari lahir, dewasa hingga meninggal itu dipakai jenis text RECOUNT.
Misal cerita Nabi Mohammad, Shakespeare, Thomas A. Edison dsb.
Dalam text Recount ada bagian-bagian:
  1. Orientation yaitu who,when,where tokoh cerita.
  2. Events yaitu kejadian cerita secara kronologis atau urut.

Purpose: To tell the readers what happened in the past through a sequence of events.

Generic Structure: Personal Recounts:              
  • Orientation
It contains Who were involved in the story, when, and where)
  • Events
It contains what happened in a chronological order.
  • Evaluation
It contains the comments of the writer/speaker about the experienced.
  • Re-orientation (optional)
It contains the conclusion of the experiences.
  Factual Recounts:
  • Orientation
It contains Who were involved in the story, when, and where)
  • Events
It contains what happened in a chronological order.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar